SUMEDANGKAB.GO.ID, GEDUNG NEGARA - Pemkab Sumedang bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Unpad pada tahun ini merencanakan membangun peternakan modern melalui digitalisasi pusat informasi pasar ternak.  Menurut Dekan Fakultas Peternakan UNPAD Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt, M.Si dengan aplikasi ini, semua informasi pasar ternak akan terhubung  by name by address.  Selain itu bisa dihimpun berapa jumlah ternak yang akan dipasarkan, lokasi, nomor kontak, jumlah, dan bobot badan.

"Jadi para pembeli tinggal membuka aplikasi. Tentu ini akan memudahkan bagi pembeli," ujar Rahmat saat bersilaturahmi dengan Bupati H Dony Ahmad di Gedung Negara, Kamis (18/3/2021).

Ditambahkan Rahmat, pihak Unpad juga menawarkan bantuan dan kerja sama dalam bidang SDM dan pengembangan peternakan di Kabupaten Sumedang. Unpad juga siap membantu dalam peningkatan produktivitas dan kualitas produk ternak sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyambut baik dan merespon positif tawaran kerja sama yang diberikan oleh Fakultas Peternakan UNPAD. Bupati mengharapkan, bantuan dan tawaran kerja sama tersebut ditindaklanjuti oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang dengan segera membuat percontohan dan rencana aksinya, baik produksi ternak langsung maupun pengolahan kotoran hewan (kohe).

"Harapannya, saya minta beberapa percontohan dan rencana aksi antara Fapet dengan Pemda. Bisa untuk produksi ternak langsung, bahkan akan ada pengolahan untuk kotoran ternak untuk dijadikan bio gas, nanti akan kita follow up," katanya. ***edk

(penerbit: sumedangkab.go.id)