Upaya Serius Bupati untuk Jadikan Sumedang Kabupaten Pariwisata


Baca juga : Wabub Ajak Anak Sekolah Tanam Pohon
KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun
Upaya Serius Bupati untuk Jadikan Sumedang Kabupaten Pariwisata
Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila


SUMEDANGKAB. GO.ID, JATIGEDE - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berkomitmen melakukan penataan tempat wisata di wilayah Sumedang khususnya di areal pesisir Bendungan Jatigede. Sejumlah terobosan telah dilakukan diantaranya memulai pembangunan insfrastruktur jalan menuju desa wisata. Pemkab Sumedang juga telah berupaya koordinasi ke berbagai pihak untuk membantu pengembangan wisata ini. Salah satunya adalah akan diperolehnya bantuan senilai puluhan milyar baik dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Cimanuk Cisanggarung dan bantuan dari Pemprov Jabar.

"Untuk akses jalan lingkar utara Jayigede ada dari BBWS sekitar Rp.38 milyar dan pengembangan wisata di dua wilayah yaitu Pakualam dan Karangpakuan akan turun Rp. 30 milyar. Ini upaya serius kami mewujudkan kabupaten wisata," tutur Dony di depan Gubernur Ridwan Kamil dalam acara Sapa Warga di Blok Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Sabtu (14/2/2020).

Dony manambahkan bantuan yang akan dikucurkan dari Pemprov Jabar untuk Sumedang pada 2020 ini kurang lebih sebanyak Rp. 211 milyar. Jumlah ini cukup besar untuk pembangunan di Sumedang

"Contohnya Desa Pakualam dan Karangpakuan mendapat 30 milyar untuk wisata Jatigede," katanya.

Selanjutnya, kata Dony, dalam mempersiapkan menjadi kabupaten wisata, pihaknya, akan melakukan penataan spot wisata diantaranya merencanakan situs terapung.

"Adanya pembangunan waduk, mudah-mudahan tidak ada kemiskinan baru. Salah satunya jalan untuk mengantisipasi itu, dengan meningkatkan pembangunan sektor parawisata. Pemkab bertekad menjadikan wilayah Jatigede jadi KEK (kawasan ekonomi khusus)," tuturnya.*** (nsa)


cisema, jatigede, ridwan kamil,

Berita Terkait