Penulis : Endan Dodi Kusnaedi| Editor : Deddi Rustandi

DISKANAK - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang terus melakukan vaksinasi dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi. Bahkan saat ini vaksinasi PMK di Kabupaten Sumedang sudah memasuki tahap 2.

Ketua Satgas PMK Kabupaten Sumedang drh Lia Indrawati mengatakan hingga saat ini vaksinasi PMK tahap 2 di Kabupaten Sumedang telah mencapai 5.422 ekor sapi. "Untuk tahap 2 ini target sasaran sebanyak 7500 ekor sapi, atau mengalami kenaikan 500 ekor dari tahap 1 sebanyak 7000 ekor sapi," jelas Lia Jumat (5/8/2022).

Dikatakannya, tim vaksinator dari Diskanak Sumedang saat ini terus melakukan vaksinasi PMK secara door to door dengan mendatangi kandang sapi milik peternak. "Letak kandang sapi yang berjauhan memang terkadang menjadi kendala bagi petugas, namun kami berupaya untuk bertindak cepat ," katanya.

Sejak adanya serangan PMK di Kabupaten Sumedang jumlah sapi yang terpapar hingga saat ini berjumlah 2407 ekor, yang sembuh 1420 ekor, masih sakit 863 ekor, mati bangkar 36 ekor dan mati dipotong 88 ekor. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)