SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA-
Vokal grup Kampung KB Simanis Desa Neglasari, Kecamatan Darmaraja, memperoleh penghargaan vokal grup terbaik ke lima se Jawa Barat. Perlombaan vokal grup tersebut merupakan rangkaian dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke -27 Tahun 2020 tingkat Provinsi Jawa Barat.
"Dengan diperolehnya penghargaan tersebut membawa nama Desa Neglasari bisa dikenal ditingkat Jawa Barat, " kata Sekdes Neglasari Asep Hendra, Kamis (2/7/2020).
Menurut Asep, penghargaan tersebut bisa memacu warga untuk menjadikan wikayahnya menjadi Kampung KB percontohan. 
Sebelumnya Kampung KB Cinaglang Desa Neglasari, dicanangkan pada 07 Agustus 2017. Kampung KB diharapkan akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
Kampung KB menjadi program inovatif yang strategis bagi semua dinas karena merupakan model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat.
Dusun Cinaglang Desa Neglasari merupakan Desa yang mempunyai Kampung KB sebagai percontohan di Kecamatan Darmaraja.
Berdasarkan hasil Pendataan PK 2015 jumlah penduduk Dusun Cinaglang 1.241 jiwa yang terdiri dari 644 laki-laki dan 597 perempuan. Dengan jumlah Kepala Keluarga 420 KK.
Dalam bidang KB tercatat bahwa jumlah Peserta KB Aktif di Dusun Cinaglang 124  (74%) lebih rendah bila dibandingkan dengan Peserta KB Aktif Tingkat Desa 288 (79,12%). Dusun ini terbilang rendah karena dibawah rata-rata Desa. Bukan Peserta KB 44 (26 %) dari total PUS dan masih didominasi dengan pengguna kontrasepsi Non MKJP 106 (85,48 %), sedangkan pengguna MKJP hanya 18 (14, 52%) .*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)