Penulis: Pupuh S Wijaya | Editor: Vera Suciati

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang mengingatkan jajaran pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Cisarua akan tanggung jawab membentuk karakter generasi muda sesuai Satya Dharma Pramuka. Hal tersebut saat pelantikan jajaran Mabiran dan Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Cisarua Periode 2023-2026 di SDN Ciuyah II, Rabu, 25 Januari 2023.

"Pembentukan karakter merupakan suatu hal yang harus terus dibina sejak dini guna mempersiapkan generasi muda menjadi pemimpin yang sigap dan tangguh sesuai dengan tantangan zaman," ujarnya.

Wabup berharap pengurus yang baru dikukuhkan memiliki peran membantu pemerintah dalam membentuk karakter anak-anak menjadi luar biasa.

”Generasi inilah yang kelak akan memegang tongkat estafet pemimpin bangsa kita di masa mendatang,” katanya

Menurutnya, gerakan pramuka memiliki peran yang sangat strategis untuk mengatasi berbagai masalah generasi muda. Gerakan Pramuka secara nyata mencetak generasi yang cinta tanah air, berkarakter, dan berbudi pekerti luhur serta mampu menjadi bagian solusi.

Sementara itu, Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Cisarua yang juga Camat Cisarua Neng Yulia mengaku siap melaksanakan tugasnya, diantaranya berkoordinasi konsultasi dengan jajaran Kwarran.

Selain itu, pihaknya juga siap berkolaborasi dan berinovasi dalam pengembangan gerakan pramuka di Kecamatan Cisarua.

"Di zaman transformasi digital tidak ada yang tidak mungkin. Semua pasti mungkin selama ada kemauan. Kepada Kwarran mudah mudahan kita bisa berkolaborasi. Apapun rencananya kita konsolidasikan demi pengembangan Gerakan Pramuka," tuturnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)