SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, akan mengintruksikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) untuk menanam pohon kelapa di sepanjang pesisir Waduk Jatigede. Selain menghasilkan komoditas yang produktif dan mendatangkan penghasilan buat warga, pohon kelapa bisa menjadi penyejuk kawasan pesisir dari cuaca yang panas.

Erwan mengatakan, adanya danau, berimbas pada kenaikan suhu di kawasan pesisir. Dengan demikian perlu ada upaya untuk menangkal cuaca panas tersebut. Salah satunya menanam pohon produktif seperti pohon kelapa. Penanaman pohon jangan hanya dilakukan oleh pihak pemerintah melainkan oleh masyarakat setempat yang ada di wilayah penyangga Jatigede

"Seperti suhu di Wado begitu panas maka dengan ditanamnya pohon akan jadi penyejuk, tidak gersang khususnya untuk warga Wado," ujar Erwan saat melaknsanakan penanaman pohon bersama Coca-Cola Amatil Indonesia di pesisir Wado, Selasa (16/6/2020).

Erwan menggambarkan setelah wilayah pesisir banyak tertanam pohon seperti pohon kelapa. Begitu wilayah Waduk Jatigede jadi destinasi wisata, tidak akan ada keluhan dari pengunjung karena suhu yang panas. Warga juga harus dapat menjaga lingkungan di  Jatigede agar bermanfaat lama.

Selain itu, penanaman pohon yang dilakukan oleh kelompok, lembaga atau lainya jangan hanya jadi simbolis saja. Tapi harus diikuti dengan perawatannya oleh warga. Sehingga pohon yang ditanam bisa bermanfaat bagi semua.

"Saya akan cek (hasil tanam pohon) setiap saat.  Karena kegiatan-kegiatan tanam pohon jangan dijadikan simbolis saja," ucapnya. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)