Wabup Minta Camat dan Lurah Tinggalkan Kebiasaan Lama


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya
Wabup Minta Camat dan Lurah Tinggalkan Kebiasaan Lama


PANGKOR – Bagian Tata Pemerintahan Setda menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan dan Kelurahan.  Kegiatan untuk  penguatan sinegritas kinerja kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Sumedang serta optimalisasi pelayanan publik di kecamatan dan kelurahan dibuka Wakil Bupati H. Erwan Setiawan di Aula Hotel Kencana, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan  diikuti 26 camat dan tujuh lurah dihadiri pula oleh Sekda Herman Suryatman, Asisten Pemerintahan Teddy Mulyono, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Asep Uus Ruspandi, dan tamu undangan lainnya.

Wabup Erwan Setiawan mengatakan, penguatan kelembagaan dan SDM kecamatan harus dimaknai sebagai proses investasi kepemimpinan lokal jangka panjang sehingga camat dan perangkatnya ke depan, termasuk lurah, diharapkan mampu menjalankan fungsi koordinasi, fasilitasi dan bantuan kepada pemerintah.

"Dalam desain perencanaan SDM Kecamatan, camat dapat menjadi sosial entrepreneur yang mampu mendeteksi kebutuhan atau masalah dan dapat mencari solusi khas lokal atas kebutuhan atau masalah yang berkembang di wilayahnya" ujarnya.

Wabup meminta  camat dan lurah, sebagai pejabat publik yang berhubungan langsung dengan masyarakat,  senantiasa berada di wilayah kerjanya masing-masing.  “Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang membuat kesan bahwa birokrasi itu ribet, berbelit-belit, lamban, malas, dan tidak sensitif terhadap keinginan warga. Sudah bukan saatnya lagi yang mudah dipersulit, yang harusnya sebentar menjadi lama. Inilah inti dari reformasi birokrasi," katanya.

Cecep Supriatna, panitia penyelenggara mengatakan  tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong  kesinambungan koordinasi dan keterpaduan kinerja antar penyelenggara pemerintah di wilayah kecamatan guna mempercepat pelaksanaan pembangunan.

Hadir narasumber Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.Si  Kepala Riset dan Pengkajian Strategis Pemerintahan dan Dr. Rozi Beni, M.H., M.Si Kasubdit Wil II Dit. Fasilitasi Perangkat Daerah, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri. [mth]

 


Sumedang Simpati, Wabup, Peningkatan Kapasitas Aparatur

Berita Terkait