SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINANGOR - Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan meresmikan masjid Akhlaqul Muhajirin yang berdiri megah di Komplek Bumi Cipacing Permai RW 17 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor, Rabu (20/01/2021)
Ketua Panitia Pembangunan Masjid Akhlaqul Muhajirin Herri Puala mengatakan proses renovasi masjid Akhlaqul Muhajirin kurang lebih selama 2 tahun 8 bulan.
"Sebelumnya kami ucapkan syukur karena renovasi mesjid telah selesai dilaksanakan dan kamipun mengucapkan terimakasih bapa Wabup H Erwan Setiawan berkenan meresmikannya," jelas Herri.
Menurut Herri, Mesjid Akhlaqul Muhajirin dibangun dengan dana swadaya warga RW 17 senilai kurang lebih Rp. 2,6 milyar.
Sementara itu, Wakil Bupati H. Erwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan, pembinaan mental spritual merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan di bidang fisik material.
"Pembagunan mental spiritual merupakan pembangunan yang paling mendasar karena menyangkut setiap hidup kita masing-masing sebagai mahluk Allah yang beriman dan bertaqwa," ujarnya. 
Ditambahkan wabup,  mesjid mempunyai arti yang sangat besar dalam peningkatan kualitas hidup terutama dalam kualitas imam dan taqwa.
"Mesjid memiliki posisi yang strategis dalam upaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Di samping sebagai tempat melaksanakan ibadah, mesjid diharapkan dapat berfungsi sebagi pusat pembinaan umat islam bahkan bisa sebagai pusat ekonomi umat," tandasnya. 
Oleh karena itu, wabup berharap agar segera dapat dibangun Koperasi Syariah Mesjid di lingkungan masjid Akhlaqul Muhajirin. Selain itu, dengan adanya Masjid Akhlaqul Muhajirin diharapkan semua pihak dapat memakmurkan mesjid dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya. 
"Sesuai dengan namanya Akhlaqul Muhajirin, saya juga berharap mesjid ini benar-benar menjadi sarana pembentukan akhlaq yang mulia bagi seluruh jemaah mesjid dan penduduk di sekitarnya," kata wabup seraya menyerahkan bantuan karpet mesjid beserta alat kebutuhan lainnya yang diterima langsung oleh pengurus masjid. ***edk

(penerbit: sumedangkab.go.id)