Wabup Sosialisasikan SAKIP Desa


Baca juga : Wabup Sosialisasikan SAKIP Desa


Hhh

SUMEDANG.GO.ID, CIMALAKA - Kemampuan para perangkat desa harus lebih meningkat lagi sehingga pelayanan yang diberikan  akan lebih dirasakan oleh masyarakat. Kinerja pemerintah harus senantiasa baik dan mendapatkan nilai terbaik menurut standar tertentu.
"Jadi kinerja pemerintah desa itu ada nilainya tersendiri yang akan membantu kualitas kinerja dan kemampuan perangkat desa terus meningkat," kata Wabup Sumedang Erwan Setiawan, Rabu (5/2/2020).
Lebih dari itu, menurut Wabup, perangkat desa harus bisa berperan dalam program lainnya sepertipengurangan angka kemiskinan, penurunan stunting, dan peningkatan kesejahteraan. 
Hal ini disampaikan wabup ketika hadir dalam Sosialisasi dan Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Desa Gelombang Pertama, 
di Pondokan Hanjuang Hegar, Cimalaka, kemarin.
Dalam acara ini, wabup juga mengharap seluruh peserta bersungguh sungguh dalam melaksanakan tugasnya dengan berpedoman pada SAKIP Desa. Wabup
akan mengecek ke desa-desa untuk melihat kinerja aparatur dan implementasi SAKIP.
Kegiatan sosialisasi ini dihadiri 68 Desa dari 7 Kecamatan yaitu Kecamatan Sumedang Selatan, Cibugel, Ganeas, Cimalaka, Cisarua, Tanjungkerta, dan Tanjungmedar.
SAKIP Desa adalah sistem akuntabilitas kinerja yang kini juga akan diterapkan di pemerintahanan desa. Dari SAKIP, masyarakat bisa mengetahui seberapa bagus kinerja pemerintahan desa menurut indikator kinerja yang ada dalam sistem ini.***(rsi)


SAKIP

Berita Terkait