SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL- Pemkab Sumedang menyatakan siap melaksanakan pilkades serentak gelombang 3 yang akan digelar pada Rabu (16/12/2020). Berbagai persiapan dan tahapan telah dimatangkan oleh Pemkab Sumedang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan panitia pilkades di desa masing-masing.

"Kami tegaskan bahwa yang paling utama adalah terkait pengetatan protokol kesehatan. Persiapan (pilkades) sudah optimal, kami sudah lakukan kajian matang di lapangan," ujar Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, Selasa (15/12/2020).

Namun ia mengutarakan, beberapa hari lalu mendapat surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menyangkut perihal pilkades serentak. Dalam surat tersebut Kemendagri menyampaikan diperbolehkannya pelaksanaan pilkades serentak tahun 2020 ini. Namun ada permintaan dari pihak Kemendagri bahwa setiap TPS (tempat pemungutan suara) tidak lebih dari 500 DPT (daftar pemilih tetap).

"Tindak lanjutnya ada penambahan sebanyak 224 TPS di seluruh desa yang menggelar pilkades serentak. Sebelumnya hanya 494 TPS, dan Alhamdulillah sudah terlaksana dengan cepat," katanya.

Terkait rencana pelantikan kades terpilih yang akan dilakukan satu minggu setelah pemilihan, Erwan menyebutkan, secara tahapan, pelantikan diperkirakan dilaksanakan ada 23 Desember 2020.

Namun Erwan mengungkapkan, pelantikan kades terpilih diusahakan jangan melalui virtual.

Sebab, dirinya menilai kalau dilakukan virtual, tidak ada kebanggaan bagi para kades.

"Saya malah tidak setuju kalau dilantik melalui virtual.  Karena kades terkadang memiliki kebanggaan mengenakan baju seragam kebesaran pada saat pelantikan berlangsung di salah satu gedung atau di lapangan," tuturnya.

Tapi, pelaksanaan pilkades serentak ini,  kata dia, pihaknya juga akan bijak dan akan selalu  melihat perkembangan covid-19 di Kabupaten Sumedang. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)