SUMEDANG - Jum'at (15/01/2021) Wakil Bupati Sumedang (H. Erwan Setiawan, SE) melaksanakan wawancara live terkait Bencana Longsor di Dusun Bojong Kondang Desa Hanjuang Kecamatan Cimanggung melalui live bersama Metro TV.

Ada beberapa hal yang disampaikan pada saat live streaming dengan Metro TV diantaranya :

1. Pernyataan Menteri PUPR pada saat kunjungan tentang pemberian izin pembangunan perumahan yang salah satu pemicu terjadinya bencana longsor dan bagaimana mengantisipasi agar tidak terjadi bencana susulan

2. Berapa jumlah anggaran untuk mengarelokasi masyarakat ke tempat aman

3. Update terkini proses evakuasi dilapangan seperti apa

Pemerintahan Kabupaten Sumedang saat ini tidak pernah dan tidak akan pernah mengijinkan pembangunan perumahan diatas perbukitan hijau dan kami sudah evaluasi apabila ada yang memberikan izin mendirikan perumahan yang berpotensi bencana akan dicabut perizinannya, untuk tempat-tempat yang rawan terjadi bencana longsor pihak Pemda akan segera mengarelokasi ke tempat yang stretegis dan tidak lupa diucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang datang langsung ke lokasi dan memberikan bantuan. Untuk anggaran arelokasi sudah dirinci sebesar 200 Milyar dan akan segera di buat DEDnya untuk dibangun arelokasi warga ke tempat yang strategis sehingga warga yang terkena dampak bencana tidak merasa terbuang, sampai tadi malam sudah 24 Jenazah yang teridentifikasi dan dievakuasi ,sementara yang masih dalam tahap pencarian sebanyak 16 orang dan kami sudah berkerja sama dengan pihak BMKG terkait cuaca yang menjadi kendala. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)