GEDUNG NEGARA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menilai Pemerintah Kabupaten Sumedang memiliki kemauan keras dalam mengembangkan keparawisataan. Ia melihat tayangan video selayang pandang tentang wisata Sumedang begitu mempesona.  "Semua stake holder bekerja keras untuk mengembangkan wisata di Sumedang. Ada kemauan keras dari bupatinya. Kami bangga," ujar Hetifah dalam acara kunjungan Komisi X DPR-RI ke Kabupaten Sumedang, Jumat (4/12/2020).

Hetifah menyebutkan setelah banyak potensi wisata yang dikembangkan, pemerintah daerah juga harus menyiapkan SDM yang mampu bergerak di bidang wisata. Sehingga keberlangsungan tata kelola wisata di Sumedang dilakukan oleh orang Sumedang. "Jangan sampai orang luar yang menikmati hasilnya. Tapi harus orang Sumedang," katanya.

Ia menyatakan, Kabupaten Sumedang merupakan daerah yang pas didatangi Komisi X. Sebab sesuai dengan program Komisi X yang memiliki tugas di sektor parawisata. "Dukungan kami ya support secara politik dan penganggaran serta pengawasan suatu program," katanya.

Deputi Kementrian Pariwisata, Wisnu Bawa Tarunajaya menyebutkan dukungan penuh dari kementrian untuk keparawisataan untuk Sumedang dengan memberikan program pelatihan dan standar kompetensi tentang keparawisataan. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)