Wanajaya Surian Kembangkan Perangkat Hama Berbasis UV


Baca juga : Berharap Jembatan Cikandung Wanajaya Segera dibangun
Petani Ujungjaya Pelihara Burung Hantu untuk Basmi Hama Tikus


SURIAN- Masyarakat Desa Wanajaya, Kecamatan Surian membuat teknologi tepat guna (TTG) berupa perangkap hama berbasis sinar ultra violet (UV). 

Kepala Desa Wanajaya Erwan Riswanto mengatakan TTG yang dikembangkan di Desa Wanajaya berlatang belakang masalah masyarakat desanya sendiri. Sebagian besar masyarakat Wanajaya adalah petani. Dikembangkannya TTG perangkap hama berbasis UV sebagai langkah dalam penyelesaian masalah hama wereng yang merugikan para petani.  "Terkait TTG yang dikembangkan berupa Perangkap hama berbasis UV, karena masyarakat kebanyak petani dan para petani mengalami kendala masalah hama wereng yang menyebabkan kerugian, " jelasnya. 

Erwan menjelaskan pembuatan TTG perangkap hama berbasis sinar UV ini merupakan produksi asli pemuda desa. "Kami membuat ttg yang alat dan produksi oleh pemuda desa, perangkap hama berbasis UV dengan bahan bakar solar sel," katanya.

Dengan adanya TTG yang dibuat, diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah petani dalam membasmi hama dengan alat sederhana dan terjangkau. TTG Perangkap hama baru digunakan di 4 kelompok tani Desa Wanajaya yang nantinya akan diperbanyak setelah seluruh masyarakat paham penggunaannya. "Alat sudah digunakan oleh 4 kelompok tani Desa Wanajaya. Masih perlu pelatihan petani dalam penggunaannya, meski alatnya mudah digunakan dan perlu ada uji perhitungan agar tepat untuk jumlah hama/meter yang dapat ditanggulangi dengan 1 alat," tambah Erwan.  

TTG Perangkap hama berbasis sinar UV Desa Wanajaya mendapat penghargaan Harapan ke 2 di tingkat Kabupaten Sumedang. (rsi)


Surian, Hama

Berita Terkait