JATIGEDE -  Sejumlah warga asal genangan Jatigede berminat untuk melakukan transmigrasi ke luar wilayah Jawa. Saat ini ada penawaran untuk transmigrasi ke Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.  "Benar, kami ditawari transmigrasi oleh kementerian dan dinas transmigrasi ke wilayah Kalimantan. Saat ini sedang dilakukan sosialisasi oleh masing-masing koordinator," ujar Mulyana, tokoh warga asal genangan yang juga salah satu koordinator, Selasa (2/6/2020).

Menurutnya,  sosialisasi penawaran transmigrasi telah disampaikan ke warga dan minat warga akan transmigrasi lumayan responsif. Kuota untuk Kabupaten Sumedang untuk transmigrasi tersebut sebanyak 300 keluarga. Diutamakan merek warga asal genangan dan terdampak  Covid-19.

Lokasi transmigrasi berada di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Di tempat transmigrasi akan disediakan satu unit rumah dan luas lahan untuk pemberdayaan pertanian seluas dua hektare untuk satu keluarga.  "Warga yang berminat  masih didata. Mudah-mudahan program transmigrasi akan membuka pintu untuk warga eks genangan Jatigede menjadi lebih baik," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)