JATINUNGGAL - Warga RT  01/RW. 08,  Dusun Cidarma, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal mampu membangun lapangan voli di wilayahnya dengan modal patungan dan donasi dari warga sekitar. Tak tanggung biaya yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 20 juta. Selain mengumpulkan biaya, dalam pembangunan lapang voli pun langsung dikerjakan warga setempat. "Sudah dibangun lapang voli dengan biaya swadaya gotong royong murni masyarakat dan dari donatur," ujar Ketua RT.01 Daca, Minggu (22/11/2020).

Daca mengatakan, dengan adanya pembangunan ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar tetap semangat bergotong royong. Karena dengan bergotong royong senantiasa bisa meringankan beban pemerintah. Budaya gotong royong di wilayahnya masih terasa kental. Untuk mengumpulkan Rp 20 juta tidak memakan waktu yang lama. Semua warga di wilayahnya termasuk beberapa warga yang jadi pengusaha bahu membahu mewujudkan lapang voli. "Nantinya lapang voli juga bisa tempat fasilitas umum segala kegiatan," katanya..

Ketua RW Atang  mengatakan, gotong royong segala pembangunan di wilayahnya bisa terwujud.  "Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah mendorong pembangunan lainnya. Seperti jalan gang akses ke lapang voly dengan anggaran dana desa tahun ini," katanya.

Setelah selesainya pembangunan, warga mengadakan syukuran gunting pita peresmian lapang voly dengan acara adat istiadatnya dengan kearifan lokal masih terjaga dengan baik. "Kami bersyukur persatuan dan kesatuan masyarakat tetap terpelihara di kampung kami," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)