SUMEDANGKAB.GO.ID, CONGGEANG -Warga Dusun Cihayat, Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang bergotong royong memperbaiki ruas jalan Legok Conggeang di blok Cihayat secara swadaya. Sebelumnya, jalan yang diperbaiki warga sepanjang kurang lebih 30 meter tersebut mengalami berlubang dengan dengan kedalaman sekitar 5 cm. Tak jarang, pengendara dari arah Legok menuju Conggeang harus mengambil jalan ke sebelah kanan.
"Warga memperbaiki jalan dengan menggunakan aspal, sisa sisa hasil kerukan dari jalan. Kemudian, dikumpulkan dan dipakai memperbaiki jalan di wilayah Blok Cihayat," ujar Kepala Desa Cipamekar, Deden Darmawan, Senin (21/9/2020).
Dijelaskan Deden, warga hanya bermodalkan membeli solar sebanyak 30 liter. Perbaikan yang dilakukan pun hanyalah menggunakan alat seadanya.
"Asalkan jalan tidak terlalu rusak dan tidak menimbulkan kecelakaan bagi warga," jelasnya.
Dikatakan, jalan di wilayah tersebut sering mengalami kerusakan karena drainase disamping jalan sudah tidak berfungsi. Air mengalir dan masuk ke jalan kemudian mengikis aspal.
Jadi, kata dia, jika ingin memperbaiki jalan terlebih dahulu harus diperbaiki drainasenya.
"Sebenarnya beberapa tahun lalu sudah mengusulkan perbaikan drainase, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya," jelasnya. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)