JATINUNGGAL - Warga Dusun Ciwaru, Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal serius menekuni budi daya cabai rawit . Kini hampir 70 persen warga Dusun Ciwaru menaman cabai rawit di masing-masing lahannya.

Pemuda setempat, Asep Drajatuloh menyebutkan bentuk keseriusan warga dalam budi daya cabai rawit dengan membentuk paguyuban petani cabai rawit.  "Saat ini kami sedang melakukan persemaian cabai rawit untuk musik tanam di musim penghujan," ujar Asep, Minggu (25/10/2020).

Budi daya cabai rawit ini telah berjalan dari tahun 2019. Awalnya hanya beberapa orang yang menekuni taman cabe rawit. Namun setelah dibentuk paguyuban akhirnya hampir semua warga bergabung dan menanam cabai rawit  "70 persen dari jumlah penduduk Dusun Ciwaru sudah menanam cabe sudah berjalan satu musim," katanya.

Setiap warga, kata Asep menanam ssbanyak 5.000-10.000 pohon per orang. Media tanam setiap warga berbeda, ada yang menanam dilahan kebun, di pekarangan atau dilahan-lahan kosong secara berkelompok.  "Kamu sekarang sudah bisa memanen setiap dua minggu sekali dan hasil panen kami pasarkan ke berbagai pasar tradisional," katanya.

Asep mengungkapkan dengan adanya budidaya cabe rawit di Dusun Ciwaru, warga Ciwaru mendapat tambahan pendapatan. Sehingga bisa mencukupi kebutuhannya. Budidaya tanam caba rawit bekerjasama dengan pihak lain yang membantu pupuk dan media tanam. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)