Warga dan Anggota Koramil Bersihkan Saluran Air di Desa Sukawangi


Baca juga : Cegah banjir Cileuncang Meluap ke Jalan, Warga Bakom Bersihkan Saluran Air
Warga dan Anggota Koramil Bersihkan Saluran Air di Desa Sukawangi


SUKAWANGI - Koramil 1004/Tanjungsari bersama warga dan Pemerintah Desa Sukawangi, Kecamatan Pamulihan bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar, Rabu (12/2/2020).

Babinsa Sukawangi, Serka Ateng mengatakan kerja bakti ini bertujuan mengurangi sumber penyakit yang bersarang di permukiman warga.  "Kami tahu banyak musibah yang sering terjadi pada musim hujan, baik yang disebabkan oleh faktor alam seperti bencana alam ataupun dari faktor individu, yaitu jatuh sakit akibat lingkungan yang tidak bersih terawat," kata Ateng.

Kerja bakti dilakukan dengan cara membersihkan rumput di kanan kiri jalan poros desa, dan membersihkan parit/selokan yang masih tersumbat.  "Harus diantisipasi, agar tidak terjadi musibah maka dilakukan tindakan preventif yaitu dengan menjaga kondisi tubuh dan keluarga sebaik mungkin agar tidak terkena penyakit,” katanya.

Menurut dia, salah satu caranya dengan membersihkan lingkungan sekitar  dari genangan air agar tidak menjadi sarang penyakit. “Juga membersihkan selokan yang tidak lancar akibat penumpukan sampah dan pendangkalan. Selain men ghindari perkembangbiakan nyamuk, juga menghindari bencana banjir akibat selokan yang tidak berfungsi dengan baik," tuturnya.

Pjs. Kepala Desa Sukawangi, Ai Hayati menuturkan, selokan  yang ada akan dipasang gorong-gorong. Langkah tersebut ntuk memperlancar aliran air di lingkungan pemukiman.  "Ketika nanti hujan agar tidak terjadi luapan air dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar," katanya.

Ai mengapresiasi kegiatan yang digagas Koramil Tanjungsari tersebut. Selain mengantisipasi bencana banjir kegiatan ini juga untuk membasmi bibit-bibit penyakit yang bersarang di tempat-tempat yang kotor.  "Karena ketika sebuah desa itu bersih dan hijau masyarakat pun akan nyaman ketika beraktifitas. Tentunya kita ingin mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau, bersih dan sehat," katanya. (agn)


Gotong Royong, Menjaga Lingkungan

Berita Terkait