SUMEDANGKAB.GO.ID, KEMENAG - Warga ternyata masih antusias mendaftar ibadah haji ke Kemenag Sumedang, meski di tahun ini, sudah diputuskan ibadah haji ditunda dulu.
Menurut catatan pihak Kemenag Sumedang pendaftar haji tetap ada, dimana per hari rata rata lebih dari 10 orang.
"Kemarin kemarin saat pemberlakuan PSBB pendaftar per hari dibatasi maksimal 5 orang dan kini tidak dibatasi per hari lebih dari 10 orang pendaftar," jelas Astadi Nirwan salah seorang Staf di Kasie Penyelanggara Haji dan Umroh Kemenag Sumedang Selasa (7/7/2020).
Ditambahkan Astadi anemo masyarakat Sumedang untuk menjalankan ibadah haji memang cukup tinggi, hal inipun tentunya mencirikan kalau tingkat keimanam dan ketaqwaan mereka juga tinggi.
Diakuinya berdasarkan catatan pihak Kemenag Sumedang hingga Selasa (7/7/2020) total sudah ada 12.414 warga Sumedang yang mendaftar untuk ibadah haji.
"Jumlah ini kumulatif yang sudah mendaftar dan belum berangkat," tambahnya.
Lebih lanjut dikatakan Astadi, bila dibagi per tahun sesuai kuota Sumedang yaitu 860 jemaah maka diprediksi pemberangkatan haji asal Sumedang bisa sampai 15 tahun atau tahun 2035.
"Artinya yang mendaftar saat ini bila melihat kuota diprediksi baru akan berangkat haji tahun 2035," tandasnya. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)