SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE - Ratusan KK warga Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede tidak akan mengalami kesulitan air bersih lagi ketika musim kemarau tiba. Kebutuhan air bersih warga Mekarasih akan terpenuhi dengan program Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang telah dibangun pada 2020 akhir. Dengan dibangunnya Pamsimas, warga tidak akan mengeluarkan uang untuk membeli air bersih ketika musim kemarau.

Kepala Dusun Dua, Desa Mekarasih, Sihabudin menyebutkan, sebelumnya jika musim kemarau bahkan musim hujan 50 persen warga Desa Mekarasih selalu kesulitan air bersih.

Bahkan saat kemarau, warga harus mengambil air dari sumber mata air yang berjarak 2 kilometer. Sejumlah warga malah terpaksa membeli air meski mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

"Selama ini untuk pemenuhan ketersediaan air, warga hanya mengulur air menggunakan selang yang berasal dari air resapan yang ada di perbukitan. Ada juga yang memiliki sumur namun kalau kemarau kering,kalau musim hujan kualitas airnya juga kotor," kata Sihabudin, Selasa (19/1/2021).

Setelah dibangunnya sarana pamsimas, kata dia, paling tidak sebanyak 200 kk akan terakomodir pemenuhan air bersihnya. Saat ini telah direalisasikan pemasangan instalasi pipa air ke sebanyak 70 sambungan rumah.

Kemudian, selanjutnya ditargetkan hingga 200 rumah bisa terpasang intalasi pipa sambungan air. ***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)