Penulis Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DPKP - Warga Sumedang menyerbu acara gerakan pangan murah (GPM) yang digelar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) di areal parkir MPP Sumedang. GPM menjual berbagai jenis kebutuhan pokok dan penting yang diperlukan warga dengan harga murah. Barang kebutuhan pokok dan penting dijual antaralain beras, telur, minyak goreng, gula dan berbagai jenis sayuran.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Kabupaten Sumedang Iwan Gustiawan mengatakan, GPM digelar untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan.  "Untuk beras kami sediakan 21 ton dengan rincian beras SPHP 10 ton dengan harga Rp. 58.000 per 5 kg, beras medium 10 ton dengan harga Rp. 60.000 per 5 kg dan beras premium 1 ton dengan harga Rp. 65.000 per 5 kg," jelas Iwan Rabu, 14 Agustus 2024.

Untuk telur tersedia 1 ton dengan harga Rp. 25.000 per kg, minyak goreng tersedia sekitar 2,2 ton dengan harga 13.500 per botol. Harga kebutuhan pokok yang dijual dalam acara GPM ini harganya di bawah harga pasar sehingga hal ini cukup membantu warga. "Kami berharap adanya GPM ini bisa membantu warga dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga dibawah pasar," jelasnya.

Salah seorang warga Tini asal Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara mengaku terbantu dengan adanya GPM yang digelar pemerintah. "Bagi saya kegiatan ini sangat membantu terutama dalam mendaoatkan kebutuhan pokok dengan harga murah," jelasnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)