JATINUNGGAL - Warga di Desa Sirnasari, Kecamatan Jatinunggal berhasil membudidayakan cabai rawit, memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan kosong. Selain cabai rawit, warga juga menanam cabai merah dan tomat dengan media polybag.

Kepala Desa Sirnasari Ateng Ali menyebutkan, budidaya tanaman di pekarangan rumah dan lahan kosong sudah lama ditekuni warga.  Sebelumnya pemerintah desa pernah menyarankan agar warga harus memanfaatkan lahan agar bisa jadi produktif.  "Dulu juga pemerintah daerah pernah mencanangkan budi daya cabai rawit. Alhamdulillah warga kami mau menekuninya," ujar Ateng, Selasa (31/7/2020).

Saat ini kata dia, sejumlah warga malah ada yang berhasil membudidayakan cabai rawit dalam kapasitas banyak. Sehingga tak hanya untuk konsumsi sendiri, tetapi hasil panennya bisa dijual ke konsumen. "Ada yang menanam hingga 250 polybag ukuran besar. Saat ini sudah menuai hasil bahkan bisa menjual dan dijadikan lahan usaha," katanya.

Ia menggambarkan, warga yang berhasil budi daya cabai rawit di pekarannganya bisa panen hingga 25 kg dan melayani penjualan tanaman cabai rawit dalam polybag. "Ini bentuk pemberdayaan masyarakat di Desa Sirnasari. Kedepan setiap rumah harus ada tanaman produktif. Syukur-syukur bisa dijadikan usaha agar mendapat penghasilan," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)