bb


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Ratusan warga Lingkungan Talun Kidul Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara senang ketika dikirim air bersih dari Pemkab Sumedang. Air bersih merupakan bantuan pemkab sebanyak 3 truk dengan tangki milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Salah seorang warga, Nimah (65) mengatakan warga mengalami krisis air bersih sejak dua bulan terakhir. 
"Kami kesulitan air bersih karena air dari PAM tidak mengalir, selain itu sumur-sumur warga juga sudah mulai kekurangan air," katanya, Kamis (1/10/2020).
Dikatakan, kondisi seperti ini terjadi setiap tahun saat memasuki pertengahan musim kemarau. Untuk memenuhi kebutuhan air, terkadang Ia meminta kepada tetangganya, atau pergi ke Sungai Cipeles yang kondisi airnya keruh.
Dengan adanya bantuan ini, ia mengaku merasa terbantu. Kata Nimah, bantuan air sudah ada sejak dua minggu, dan datang setiap 3 hari sekali.
Warga lainnya, Suryana juga mengatakan warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih karena air dari PDAM tidak mengalir.
"Ini warga yang ngambil air kebanyakan pakai PAM, sudah lama airnya tidak ngalir," ujarnya seraya menyebutkan bahwa bantuan air bersih akan dimanfaatkan untuk keperluan minum dan masak.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)