WADO - Warga Desa Cisurat, Kecamatan Wado dihebohkan dengan tertangkapnya seekor anak buaya berukuran panjang sekitar 60 meter di perairan Bendungan Jatigede blok Gurandil, Desa Cisurat, Rabu (24/6/2020). Anak buaya tersebut ditangkap oleh Karyuman Priadi warga Cisurat di rakit pemancingan miliknya tak jauh dari tepian pesisir.

Karyuman mengatakan, anak buaya itu terlihat pertama kali, saat dirinya akan memeriksa lapak pemancingan milik dirinya. Dari arah depan rakit, air beriak dan nampak terlihat kepala buaya. Pada awalnya  Karyuman tidak menyangka bahwa itu buaya. Karyuman mengira ikan jenis lain. Namun ia penasaran, karena sesosok ekor buaya bergerak menepi ke arah pesisir. "Baru saya meyakini itu buaya setelah terlihat semua bagian badannya muncul ke permukaan air," ujar Karyuman.

Setelah diamati, ia pun meminta warga lainnya unyuk meyakinkan bahwa itu buaya. Setelah warga yang lain juga yakin bahwa itu buaya, akhirnya Karyuman dan warga mendorong badan buaya ke tepi. Setelah itu baru ia bersama warga lainnya menberanikan diri untuk menangkapnya. "Awalnya takut, tapi kami bersama-sama yang lain dengan menggunakan tali tambang berhasil menangkap buaya itu," kata Karyuman.

Setelah berhasil ditangkap, buaya tersebut  kemudian menjadi tontonan warga. Sejumlah warga bahkan mengabadikan dengan video. "Untuk selanjutnya buaya tersebut kami serahkan ke Polsek Wado agar tidak menjadi tontonan warga," kata Karyuman

Tertangkapnya buaya tersebut, membuat cemas sejumlah warga. Karena terlintas di benak warga, kemungkinan adanya induk buaya yang masih berkeliaran di Bendungan Jatigede. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)