JATINUNGGAL-  Warga Dusun Tarikolothilir,  Desa Sirnasari, Kecamatan Jatinunggal bergotong royong membangun akses jalan di wilayahnya dengan mengumpulkan dana secara swadaya. Upaya itu dilakukan agar warga di sejumlah dusun lainnya tidak terisolir.

Meski belum memadai, akses jalan tersebut bisa mengatasi kesulitan transportasi bagi warga dua dusun, antara lain Dusun Tarikolothilir dan blok Batukasur.  "Jalan ini juga bisa menghubungkan antar desa dan ke tempat relokasi atau pemukiman baru warga terdampak Jatigede asal Desa Padajaya, Kecamatan Wado," ujar Sekdes Sirnasari, Khair Nur Ilman, Selasa (14/1/2020).

Dikatakan, saat awal membuka jalan, warga bergotong royong secara sukarela. Alhasil warga mampu membuka jalan sspanjang 450 meter dengan lebar 2,5 meter.  "Sebelumnya jalan masih berlapis tanah. Namun pemerintah desa langsung menganggarkan untuk pengadaan batu agar jalan bisa dilalui oleh kendaraan saat hujan turun," katanya.

Ia menyebutkan dengan terbukanya akses jalan tersebut sejumlah titik pemukiman warga tidak akan terisolir karena akan bisa dimasuki kendaraan roda empat. Jalan baru tersebut menggunakan lahan sebagian milik warga dan sebagian besar lahan milik desa. "Kami apresiasi warga mau menyumbangkan lahannya ubtuk membuat jalan," katanya.

Dengan adanya jalan tersebut selain memudahkan tranpotasi untuk mengangkut hasil bumi juga akan berdampak naiknya harga lahan milik warga.  “Insya Allah sedikit demi sedikit kedeoannya kualitas jalan akan ditingkatkan," ujar Ilman. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)