SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO-
Kesadaran pemilik hewan akan pentingnya vaksin rabies sangat meningkat.
Sejumlah warga yang memelihara, kucing, anjing, kera dan binatang sejenis lainnya merespon adanya program vaksin rabies yang dilakukan oleh UPTD Peternakan dan Perikanan wilayah Wado.
"Rabies itu sangat berbahaya, selain bisa mematikan hewan peliharaannya bisa juga berdampak buruk kepada pemiliknya,"kata Kepala UPT Perikanan dan Peternakan wilayah Jatinunggal, Ir. Leti Nuryati, Selasa (28/7/2020).
Oleh karenanya,  pemilik hewan peliharaan jenis hewan yang berpotensi terkena rabies harus bisa mengenali tanda-tanda jangkitan rabies dan responsif jika ada program vaksinasi rabies.
Leti menggambarkan, hewan yang terkena rabies itu biasanya tidak lagi patuh kepada perintah majikannya, mengeluarkan air liur berlebih, ganas, posisi perut  diantara paha dan ekornya akan melengkung ke bawah.
Ia menambahkan rabies bisa menular melalui air liur hewan tersebut dan juga dari gigitannya, terkena rabies akan sangat berbahaya, sebab bisa menyebabkan kematian.
"Untung sekarang masyarakat sekarang sadar akan bahayanya rabies. Jadi ketika ada program vaksin masyarakat langsung membawa hewan peliharannya untuk di vaksin," ujarnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)