SUMEDANGKAB.GO.ID, BPBD - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten memprediksi intensitas hujan masih cukup tinggi dan berpotensi terjadi banjir dan longsor. Oleh sebab itu masyarakat diminta tetap waspada menyusul terjadinya berbagai bencana yang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Sumedang baru-baru ini.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang, Ayi Rusmana mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa Bulan Februari ini sudah masuk puncak musim hujan.

"Kami harapkan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari semua unsur yang bertugas di lapangan," kata Ayi, Jumat  (12/2/2021).

 

Ayi mengimbau, bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, terutama banjir dan longsor, harus melakukan pencegahan dini, terutama yang tinggal di sekitar bantaran sungai dan dataran tinggi.

"Terutama bagi warga yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir," kata Ayi.

Ayi menggambarkan, sejak dua hari terakhir terjadi bencana banjir yang menerjang sejumlah desa Kecamatan Ujungjaya, Kecamatan Tomo, dan Kecamatan Buah Dua akibat meluapnya Sungai Cimanuk, Cibitung, Cipelang dan Cihaur.

Sedangkan untuk bencana longsor terjadi di daerah Kecamatan Cimalaka dan Kecamatan Tanjungkerta.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)