Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati

 

 

SUKALUYU - Pergerakan tanah terjadi di Dusun Cibogo RW 04 Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas. Akibatnyq, beberapa titik jalan dan rumah warga mengalami retak. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, pergerakan tanah di Cibogo terjadi pada Rabu Selasa (6/12/2022) sekitar pukul 18.30 WIB. Tercatat sebanyak 27 bangunan rumah di RT 3, 4, dan 5 terancam.

"Penyebab pergerakan tanah di Dusun Cibogo Desa Sukaluyu tersebut dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Ganeas. Sehingga mengakibatkan pergerakan tanah dengan panjang 50 meter, kedalaman 5-10 sentimeter, dan lebar retakan bervariatif.

Meski tak ada kerusakan berarti, namun pergerakan tanah itu mengancam 32 KK dan 92 jiwa. Warga pun dihimbau lebih waspada, terutama saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Kami menghimbau masyarakat dan pengendara agar tidak melewati jalan tersebut. Pemilik rumah juga agar tetap waspada apabila hujan turun kembali, dan diupayakan agar mengungsi ke tempat yang lebih aman," tuturnya. (*) 

(penerbit: sumedangkab.go.id)