Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

FINLANDIA – Dubes Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri  berharap kunjungan kerja tersebut bisa mendorong peningkatan capaian e-Government dan peningkatan pelayanan publik di Sumedang. “Saya sarankan agar website Kabupaten Sumedang diperbaiki agar menjadi kebanggaan semua, termasuk keluarga besar KBRI di Finlandia,” katanya.

Bupati  Dony Ahmad Munir setuju dengan saran Dubes terkait perbaikan di website Pemda Kabupaten Sumedang yang menurutnya sebagai halaman muka sebuah daerah/institusi. “Harus ada perbaikan dan penyesuaian Website Sumedang agar world class dan setara dengan Website Municipalities di Finlandia,” katanya.

Menurut Bupati, hal yang harus diperhatikan dan mendapatkan perhatian serius adalah sistem keamanan informasi dan backup data karena kapanpun cybercrime bisa terjadi. “Kami harus lebih antisipatif dalam sistem keamanan informasi. Meski di Indonesia sudah ada Badan Siber dan Sandi, namun semua kita juga turut menjaga. Kita jalin kerja sama dalam keamanan siber ini,” katanya.

Sekretaris Daerah Herman Suryatman mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap semua platform digital yang ada di Kabupaten Sumedang. “Kami pastikan semua platform digital ini pemanfaatannya optimal oleh ASN dan masyarakat, layanannya lebih cepat, lebih murah dan lebih berkualitas, serta berdampak langsung terhadap peningkatan kepuasan publik dan kesejahteraan masyarakat,” kata sekda.

Untuk membenahi website Pemda Sumedang, lanjutya, akan dilakukan benchmarking ke website municipalities di Finlandia, Estonia atau negara maju lain. “Kami akan mengadopsi, mengadaptasi dan modifikasi sesuai kearifan lokal. Juga akan disiapkan data yang akurat dan relevan untuk promosi daerah dan transparansi,” ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)