CIHANJUANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir  meninjau lokasi pengungsian di zona 2 Taman Burung Perum SBG, dan Zona 1 SDN Cipareuag, Kamis (20/1/2021). Bupati menemui langsung para pengungsi korban musibah tanah longsor Bojongkondang Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung.

Bupati memasuki setiap tenda-tenda pengungsian untuk memastikan semua kebutuhan para pengusngsi terpenuhi. Dalam kunjungannya itu bupati bertanya langsung kepada pengungsi mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan dan air bersih, susu, kesehatan para pengungsi, bahkan fasilitas wifi. Bupati juga memastikan protokol kesehatan dijalankan. "Selaku bupati saya memastikan bahwa semua kebutuhan pengungsi telah terpenuhi baik kebutuhan dasarnya seperti  makan dan air, vitamin, bahkan kebutuhan wifinya supaya betah. Kemudian keamanannya, serta protokol kesehatanya. Setiap tenda pengungsi ada pimpinanya dan luar biasa saya bersyukur semua tim telah bekerja dengan baik, sehingga para penungsi tadi menyampaikan harapan harapanya sudah terpenuhi," katanya.

Selain itu, Dony juga mengedukasi para pengungsi yang rumahnya berada di zona merah harus siap pindah lantaran kondisi tanahnya labil. "Kami masih terus mengkajinya. Kami ingin secepatnya sudah ada time line, namun yang jelas para pengungsi yang pertama  berada di di zona merah, sehingga bisa menempati rumah yang baru. Untuk yang berada di zona kuning akan direhabiliatsi dan direkontruksi, sehingga tempat tinggalnya bisa aman," katanya.

Berdasarkan data, tempat pengungsi sementara terbagi di 3 zona yaitu Zona 1 SDN Cipareuag, Zona 2 Taman Burung dan Zona 3 SD Azzahra dengan jumlah pengungsi 314 KK atau 1.126 jiwa. Adapun jumlah warga yang harus direlokasi sebanyak 133 KK berada di zona merah. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)