SUMEDANGKAB.GO.ID.,JATIGEDE – Momen liburan membuat sejumlah objek wisata di kawasan Bendungan Jatigede dipadati pengunjung. Pantauan di lapangan, tempat wisata Puncak Permata dan Panenjoan di Desa Jemah Kecamatan Jatigede didominasi kendaraan berplat nomor luar Sumedang.

"Pengunjung campuran sih, kebanyakan yang dari luar Sumedang, seperti Bandung, Majalengka, Garut, Indramayu," kata Pengelola tempat wisata Puncak Permata, Wawan, Sabtu (22/8/2020).

Menurut Wawan, Puncak Permata yang menawarkan keindahan pemandangan Waduk Jatigede dari ketinggian memang selalu ramai setiap hari libur. Ia memprediksi puncak lonjakan pengunjung akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu.

Kapolsek Jatigede, Iptu Adang Rohana menambahkan, dalam sehari saat hari libur pengunjung ke objek wisata di Jatigede bisa mencapai 500 orang.

Oleh karena itu, Tim Gugus Tugas Kecamatan Jatigede terus melakukan patroli ke objek wisata, guna memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Petugas terus melakukan himbauan kepada pengunjung menggunakan pengeras suara. Kapolsek menegaskan akan melakukan tindakan, baik ke pengelola tempat wisata maupun pengunjung yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

"Sanksi berbeda-beda dari mulai teguran secara lisan, dan tertulis, tapi kalau ada yang masih bandel kami akan terapkan sanksi maksimal berupa sanksi denda, sesuai Perbup Nomor 74," ucapnya.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)