SUMEDANGKAB.GO.ID, BUAHDUA - Sejumlah wisatawan lokal asal Subang dan Indramayu yang akan berwisata ke objek wisata di Buahdua dan Conggeang terpaksa harus diputar balik oleh petugas chek point C perbatasan Sumedang Indramayu tepatnya di Desa Ciawitali Kecamatan Buahdua.

Anggota Relawan Covid 19 Desa Ciawitali Fredi Supriadi mengatakan semenjak Hari Raya Idul Fitri 1441 ratusan warga luar Kabupaten Sumedang datang untuk berkunjung ke beberapa objek wisata di wilayah sekitar Gunung Tampomas.

"Setiap harinya mungkin ada sekitar 50 hingga 100 kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang  terpaksa kami putarbalikkan," jelas Fredi Kamis (28/5/2020).

Menurut Fredi rata rata para pengunjung beralasan mereka akan mengunjungi objek wisata karena tidak tahu di Kabupaten Sumedang sedang diberlakukan PSBB.

Selain itu, kedatangan pengunjung ke beberapa objek wisata di Sumedang memang sudah menjadi tradisi tahunan.

"Sebab, selain mudah dijangkau objek wisata di Kabupaten Sumedang juga terhitung murah," jelasnya.

Dikatakan, biasanya para pengunjung mendatangi beberapa objek wisata. Diantaranya Cipanas Cileungsing, Cipanas Sekarwangi dan Curug Ciputrawangi di Desa Narimbang Kecamatan Conggeang.

"Selain memutarbalikkan kendaraan dan pengunjung, petugas di Pos Check Poin C perbatasan juga menghimbau dan memberitahu kepada mereka bahwa seluruh objek wisata di Sumedang tutup selama masa tanggap darurat covid 19 diberlakukan," tandasnya. ***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)