JATINUNGGAL - Pemilik kolam ikan tradisional atau balong di Jatinunggal disarankan untuk kembali membudidayakan ikan. Musim penghujan biasanya balong milik warga terpenuhi air. "Balong yang tadinya kering, saat ini pasti mulai dipenuhi air. Sudah saatnya pemilik bisa mengisi balongnya dengan ikan," ujar Kepala UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Wado/Jatinunggal/Cibugel, Leti Nuryati, Sabtu (22/2/2020).

Kata Leti, saat ini adalah waktu yang tepat untuk budidaya ikan di balong. Kondisi air dibalong sudah stabil. Selain itu kualitas air juga baik.  "Ketika volume airnya stabil, sirkulasi air juga akan berjalan tanpa harus khawatir volume air berkurang," katanya.

Ia menyebutkan, biasanya jenis ikan untuk dibudidayakan di balong adalah jenis ikan nila dan ikan mas. Dua jenis ikan ini cocok berkembang biak di balong.

Menurutnya budidaya ikan di balong salah satu upaya menambah pendapatan warga dan tentunya memberikan kontribusi ketersediaan ikan buat konsumsi. "Jumlah balong di wilayah Jatinunggal itu ratusan. Maka hasilnya pun akan lumayan banyak. Selain itu kualitas ikan di balong memang sangat baik dan rasanya enak," tutur Leti. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)