Efek Tetes Air Hujan Setara 1 Kg


Baca juga : Efek Tetes Air Hujan Setara 1 Kg


Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian atau dari langit tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm. Namun air hujan ini turun dengan kecepatan rendah tertama pada hujan-hujan yang pertama kali turun setelah musim kemarau berakhir. Suatu keberuntungan bagi kita karena tetes air hujan yag jatuh dari langit tidak dalam bentuk utuh melainkan sudah terpecah menjadi tetesan air hujan sehingga tidak berefek berat ketika turun ke bumi.

Bentuk air hujan berubah bentuk hingga ratusan kali dalam satu detik. Mulai dari air hujan yang turun pertama hingga nantinya hujan selesai. Bentuk yang biasanya terlihat adalah hampir bulat, semakin besar, maka bentuknya semakin ceper.

Air hujan juga memiliki fungsi untuk membersihkan udara, lho. Coba kamu perhatikan, setelah hujan pertama turun, udara akan menjadi lebih bersih dan segar. Tidak lagi terasa panas dan gerah. Benar, tidak?

Air hujan yang turun pertama kali sangat tidak baik untuk kesehatan. Jadi, bila kamu ingin main hujan-hujanan, pastikan 5 menit setelah hujan pertama turun. Selain mengganggu kesehatanmu, hujan pertama yang turun juga bisa merusak rambutmu, lho.

Bila sebelumnya tanah kering dan berdebu, lalu tiba-tiba tersiram hujan pertama kali, maka akan ada cipratan air lumpur di mana-mana. Hal tersebut akan membuat lingkungan menjadi kotor.

Air hujan pertama yang jatuh ke bumi memiliki kecepatan yang rendah.  Hal ini karena hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan lebih rendah. Bayangkan bila hujan turun dengan kecepatan tinggi, pasti sesampainya di bumi akan banyak kerusakan yang terjadi, ya.

Hujan pertama memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia, yakni dengan meresonansikan ingatan masa lalu. Meski tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, para ilmuwan percaya bahwa di dalam hujan ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu. ***(vrs)


hujan

Artikel Terkait