PARIWISATA SUMEDANG

Wisata Alam (Natural)

Sektor Pariwisata termasuk di dalamnya adalah wisata alam di KabupatenSumedang saat ini termasuk ke dalam urusan wajib sehingga potensi-potensi wisataalam yang ada menjadi perhatian utama dalam proses perencanaan danpengelolaannya. Terkait dengan hal tersebut, maka diperlukan instrument (alat) yangtepat untuk menyusun arahan perencanaan pengembangan wisata alam yang dapatmenjamin keberlanjutannya baik dari sisi ekonomi, ekologi maupun sosial budayanya(Wisata alam berkelanjutan).Ada beberapa objek wisata alam di Kabupaten Sumedang yang dipandangpenting untuk dikaji dan dikembangkan keberadaanya, diantaranya adalah sebagaiberikut :

1. Curug Cipongkor

Curug ini berada di Desa Ciherang,Kecamatan Sumedang Selatan, sebuah curugbertipe tunggal, Untuk menuju lokasi curugini cukup turun tepat di seberang SPBUCiherang, sebelum Tugu Selamat DatangKota Sumedang jika dari arah Bandung.

2. Curug Cigorobog

Lokasi Curug Cigorobog berada di DesaCitengah, Kecamatan Sumedang Selatan.Sebuah curug tipe ganda atau berundak yangsangat indah. Wisatawan yang ingin menujulokasi curug ini, checkpoint-nya bisa darialun-alun Sumedang.

3. Curug Cinulang

Curug Cinulang merupakan air terjun tipekembar, mempunyai dua air terjun yangketinggiannya hampir sama, sekitar 50 m.Lokasinya ada di Desa Sindulang, KecamatanCimanggung, sekaligus menjadi wilayahperbatasan alami antara Kabupaten Sumedangdengan Kabupaten Bandung. Untuk menujulokasi curug ini, dari jalan raya Bandung–Garut(Rancaekek) berjarak 2,5 Km.

4. Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi terletak di DesaNarimbang, Kecamatan Conggeang jugatermasuk kedalam kawasan TWA (TamanWisata Alam) Gunung Tampomas. Dari curugini ada jalur untuk menuju puncak Tampomas.

5. Curug Sabuk

Curug Sabuk merupakan salah satu objekwisata alam di Kabupaten Sumedang yangbisa dikatakan masih jarang dikunjungi.Terletak disekitar Taman Buru GunungMasigit dan Kawasan Gunung Kareumbi.Lokasinya yang berada jauh di dalam hutanmenjadikan tantangan tersendiri sebelumpengunjung menemukan curug ini. Selain itupengunjung juga bisa mendirikan tendauntuk merasakan sensasi malam hari di sekitar curug.

6. Gunung Kunci

Gunung kunci Merupakan tempat rekreasi denganpemandangan alam yang indah, terletaksekitar 200 meter dari alun-alun Sumedang.Di sini terdapat gua yang dibangun padamasa penjajahan Belanda dan digunakansebagai benteng pertahanan/perlindunganuntuk mengepung masyarakat Sumedang.

7. Sumber Air Panas Sekarwangi

Wisata Alam Cipanas Sekarwangi bisaditempuh dengan semua jenistransportasi, baik pribadi maupun umumdengan rute Sumedang-Conggeang-Buahdua. Di tempat ini terdapat sumbermata air panas alami yang dilengkapifasilitas lain seperti penginapan dan lainlain.Kenyamanan mandi dengan air panas alami serta khasiatnya yang menyegarkansekaligus bisa meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh Anda. Lokasi DesaSekarwangi, Kecamatan Buah Dua Koordinat : 6° 43' 54" S, 107° 59' 43" E arah : 19 kmarah utara Kota Sumedang, di kaki Gunung Tampomas.

8. Cipanas Cileungsing Buahdua

Pemandian air panas Cileungsing BuahduaSumedang terletak di desa CilangkapKecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang.Pemandian air panas Cileungsing seringdisebut Cipanas Cileungsing Buahdua.Cipanas Cileungsing berada di kaki GunungTampomas sebelah utara Sumedang.Di daerah tersebut banyak sekali muncul air panas lebih dari 10 titik, tetapi yangletaknya dipinggir jalan dan debit airnya yang cukup tinggi. Beda dengan padaumumnya pemandian air panas, Cipanas Cileungsing debit airnya kurang lebih 50 literperdetik dan rasanya panas sekali. Panasnya panas asli bukan panas buatan danterbukti dengan bau belerang yang cukup tinggi sehingga banyak sekali pengunjungyang datang untuk mengobati sakit kulit dan reumatik.

9. Cipanteuneun

Sebuah kolam alam yangmenarik dengan luas sekitar 1Ha. Terletak di kaki GunungTampomas di sebelah utaraKecamatan Cimalaka, hanya 5Km dari Pusat PerkotaanSumedang.

10. Bumi Perkemahan Kiara Payung

Tempat ini adalah salah satu lokasiyang digunakan dalam kegiatanjambore pramuka nasional dandikelola oleh Pemprov Jawa-Barat.Terletak di Kecamatan Jatinangor,Kabupaten Sumedang.

 

Wisata Buatan (Man Made)

1. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun Merupakan museum yang dibangun oleh keluargapewaris Kerajaan SumedangLarang. Dalam museum inidipamerkan beberapaperabot dan pusaka kunokhas kerajaan tersebut. Disini juga bisa melihatbagaimana dahulu KerajaanSumedang Larang berdiri dengan tentram. Silsilah raja dan keturunannya juga bisa kitaketahui dari catatan yang dibuat oleh para ahli waris kerajaan.

2. Kampung TogaKampung

Toga adalah singkatan dari kampungtanaman obat-obatan.terletak 3 Km dari alunalunSumedang,merupakan objek wisatakeluarga denganlingkungan pegununganyang indah dan nyaman,Cocok untuk pertemuandan pesta. Bentangan alam dengan ketinggian yang berbeda menjadikan kawasan inimemiliki wisata yang beraneka ragam. diantaranya di tempat ini tersedia fasilitasparaglaiding, gantole, hiking, jogging, off-road, game war (paint ball/airsoft gun), horseriding, dan lain-lain.

3. Lapangan Golf Giri Gahana Jatinangor

Sebuah lapangan golf bertarafinternasional yang berlokasi di DesaCibeusi, Kecamatan Jatinangor, dan hanyaberjarak sekitar 30 menit perjalanan dariBandung.

4. Kawasan Agrotekno bisnis Sumedang

KAS merupakan lokasi yang tepatuntuk melihat pemandangan alamdan merupakan kawasanbiocyclefarming atau lokawisataagro di Jawa Barat. Di sini bisamelihat berbagai macam komoditasagro yang dikembangkan. Selain itujuga, di sini bisa bermain dan belajarmengenai hal yang berkaitandengan agro.

 

Wisata Ziarah

1. Makam Dayeuh Luhur

Makam ini terletak di KecamatanSumedang utara sekitar 17 Km daripusat Perkotaan Sumedang. Daya tarikyang ada di tempat ini adalah makamPrabu Geusan Ulun beserta istrinyayang bernama Harisbaya.

2. Makam Cut Nyak Dien

Makam ini berada di atas bukit kecil dekatkantor Pemerintahan Sumedang yangberlokasi di Gunung Puyuh KecamatanSumedang Selatan. Cut Nyak Diendiasingkan dari Aceh oleh pemerintahkolonial Belanda ke Sumedang hinggabeliau meninggal dunia. Cut Nyak Dienadalah salah seorang pahlawan nasionalwanita Indonesia.

3. Makam Pasarean GedeKangjeng

Pangeran Santri (PangeranKoesoemahdinata I) seorang tokohpejuang Agama Islam di wilayahSumedang Larang Tahun 1530 yangdipimpin oleh seorang ratu bernamaRatu Dewi Inten Dewata dengan gelarRatu Pucuk Umum. Pangeran Santrimeninggal pada 2 Oktober 1579 dandimakamkan berdampingan dengan istrinya di Gunung Ciung Pasarean Gede yangletaknya kurang lebih 1 Km dari Pusat Perkotaan Sumedang.

4. Makam Gunung Lingga

Terletak di Desa Cimaraga,Kecamatan Darmaraja, sekitar 20 Kmdari Pusat Perkotaan Sumedang.Memiliki daya tarik panorama alamyang sangat indah dengan bentanganalam yang unik dan khas.

5. Makam Marongge

Sebuah makam di Sumedang yangmenyimpan misteri. Di komplekspemakaman tersebut ada sebuahkisah tentang mbah Gebug yangdikejar oleh musuhnya. Kemudian diabeserta semua saudaranyamenghilang di makam tersebut.Sampai sekarang di objek wisataziarah ini masih banyak dikunjungi para peziarah baik domestik hingga luar negeriseperti Malayasia, Singapura dan lain-lain terutama pada waktu-waktu tertentumisalnya bulan Mulud (menjelang maulid Nabi Muhammad SAW) serta malam Jum’atKeliwon.***(mth))