Warga Jangan Mau Diiming-iming Renternir


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya
Warga Jangan Mau Diiming-iming Renternir


CIBUGEL - Pemerintah Kecamatan Cibugel mengajak masyarakat untuk tidak terjebak rentenir. Berbagai motif pinjaman yang ditawarkan oleh rentenir saat ini begitu gencar. Namun alih-alih membantu mengurangi beban kebutuhan malah membuat masyarakat terbelit akibat bunga pinjaman yang tinggi. "Kondisi seperti ini memang perlu kami awasi dan perhatikan. Banyak warga yang terjebak pinjaman rentenir sampai membelit kehidupannya," ungkap Camat Cibugel, Cicin Sondali, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, berbagai sosialisasi mencegah ketergantungan rentenir telah dilalukan baik oleh pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa. Namun masih ada warga yang belum sadar bahayanya rentenir. Dan saat ini masih meminjam uang kepada rentenir. Upaya penolakan terhadap berbagai bentuk pinjaman rentenir sudah disampaikan melalui spanduk dan melalui ajakan yang dilakukan kepala desa. "Setiap desa sudah menolak bank keliling. Poster dan spanduk sudah banyak terpasang mudah-mudahan efektif," katanya.

Ia menyarankan, jika warga ada kebutuhan uang lebih baik meminjam kepada lembaga keuangan resmi seperti bank dan koperasi syariah yang ada di masjid besar kecamatan. (nsa)

 


Sumedang Simpati, Koperasi Syariah, Tolak Rentenir

Berita Terkait