TEGALKALONG - Minat masyarakat untuk mencalonkan kepala desa saat ini dirasakan cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah balon yang mendaftar jumlahnya selalu banyak. Banyaknya warga yang berminat menjadi kepala desa dibemarkan juga Kasi Tata Pemerintahan Kecanatan Sumedang Utara, Dedih.

Menurut Dedih di Kecamatan Sumedang Utara, ada tiga Desa yang akan menggelar pilkades bersaman dengan desa desa lainnya di Kabupaten Sumedang pada 8 September mendatang. Khusus untuk desa di Kecamatan Sumedang Utara dari 3 desa yang akan menggelar pilkades junlahnya balon yang telah mendaftar sebanyak 22 orang dengan rician Jatihurip 5 orang, Margamukti 4 orang dan Padasuka 13 orag. "Ini luar biasa jumlahnya kalau dirata ratakan satu desa 7 calon yang daftar," jelas Dedih Rabu (23/6/2021).

Lebih lanjut dikatakan Dedih untuk Desa Padasuka sebelumnya pihaknya tidak menyangka kalau yang daftar sangat banyak. "13 orang yang daftar ini bukan sedikit dan tentunya ini menjadi catatan tersendiri selama pelaksanaan pilkades di Kecamatan Sumedang Utara bahkan mungkin di Sumedang," tambahnya.

Namun demikian lanjut Dedih meskipun jumlah balon yang daftar di Desa Padasuka 13 orang, namun dalam pelaksanaan pilkades nanti hanya 5 orang yang ditetapkan sebagai calon kades oleh pihak panitia setelah sebelumnya melewati prosea seleksi calon. Dedihpun berharap karena Desa Padasuka akan melaksanakan seleksi calon, pihak panitia pilkades harus benar benar netral dalam menjalankan semua tahapan pilkades sehingga tudak menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)