DPMD - Kades terpilih hasil pilkades serentak secara resmi telah dilantik Jumat (5/11/2021) oleh Bupati H Dony Ahmad Munir di Gedung Negara. Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Sumedang Dadang Rustandi dari 89 kepala desa terpilih yang dilantik, 24 orang diantaranya adalah incumbent yang kembali ikut dalam ajang pilkades

"Untuk incumbent sebenarnya ada 60 orang yang mendaftar kembali di ajang pilkades, namun hasil pilkades hanya 24 kades saja yang terpilih kembali kali ini,  sisanya 36 orang tidak terpilih kembali," jelas Dadang Jumat (5/11/2021).

Dadang menambahkan, dari 89 kades terpilih yang dilantik, 14 orang kades diantaranya adalah perempuan yang berhasil memenangi ajang pilkades di desanya.

“Peminat jabatan kepala desa saat ini memang bukan hanya kaum laki laki, kaum perempuan pun mampu menjadi kepala desa dan ini dibuktikan dengan keberhasilan mereka dalam pilkades,” kata Dadang.

Dadangpun berharap para kepala desa yang baru dilantik ini dapat segera menyesuiakan dengan tempat kerjanya yang baru dalam upaya melayani masyarakat dan memajukan desanya.

"Kebetulan tanggal 5 November ini adalah habis masa jabatan kades masa bakti 2015 2021, jadi bagi kades baru masa bakti 2021 - 2027 akan langsung kerja begitu usai dilantik," tambahnya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)