Penulis Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DPMD - Kabupaten Sumedang mengirimkan perwakilannya dari tiga desa di ajang lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Ketiga desa tersebut adalah Desa Citimun, Kecamatan Cimalaka, Desa Marongge, Kecamatan Tomo dan Desa Mulyasari Kecamatan Sumedang Utara.

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa DPMD Sumedang Prama Prameswara menyebutkan, tiga desa yang ikut lomba TTG tingkat Provinsi ini meliputi tiga katagori. "Katagori yang diikuti yaitu katagori inovasi TTG, kategori alat TTG unggulan dan kategori posyantek desa berprestasi," terang Prama Jumat, 26 April 2024.

Untuk katagori inovasi TTG yaitu alat pantau tumbuhan dengan inovator A Ihsan Ismail (Desa Citimun). Kemudian kategori alat TTG unggulan yaitu steam boiler advance untuk produksi tahu dengan inovator A Handi M. Fahrudin Al Mubaroq (Desa Marongge). Katagori posyantek desa berprestasi yaitu alat penyulingan sederhana mengolah minuman daun mint dengan destilasi dengan inovator Saripudin dan alat pengolah sampah limbah dengan inovator Cece Sopandi keduanya dari Desa Mulyasari.

Dijelaskan Prama, semua peserta dari Sumedang telah melakukan presentasi di tingkat Provinsi dan saat  ini masih menunggu hasil terkait lomba TTG ini yang tencananya akan diumumkan pada akhir Mei. "Ya tentunya kami mohon dukungan dan doanya dari masyarakat Sumedang mudah-mudahan dalam lomba ini perwakikan Kabupaten Sumedang mendapatkan hasil terbaik dan bisa menjadi juara," tandasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)