Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKANAK - Kelompok ternak Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong sedang mempersiapkan kandang untuk 500 ekor DOC ayam jenis Sentul. Ayam ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk peternak di Sumedang.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang Tono Suhartono bantuan tersebut bersumber dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Untuk bantuan 500 ekor DOC ayam Sentul saat ini masih berproses namun demikian kelompok sudah mengetahuinya sehingga mereka diharapkan mulai menyiapkan untuk kandangnya," jelas Tono, Sabtu, 20 April 2024.

Dijelaskan Tono, dipilihnya ayam Sentul karena ayam jenis ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya pakan mudah, tahan terhadap penyakit, pemeliharan mudah dan umur 20 minggu sudah bisa menghasilkan telur setiap hari.

Tonopun berharap adanya bantuan 500 ekor DOC ayam Sentul dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya oleh kelompok ternak Desa Sukamaju Rancakalong.

"Tentunya kamipun berharap bantuan ini akan turut menggairahkan sektor peternakan khususnya di Desa Sukamaju yang pada gilirannya dapat pula meningkatkan pendapatan masyarakat. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)