MEKARASIH - Air besih di Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede kini bukan masalah lagi, melainkan sudah dapat dinikmati dengan lega. Kini Pemerintah Desa Mekarasih telah berhasil mengatasi krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini. Sebelumnya, masyarakat Mekarasih kerap mengalami krisis air bersih ketika musim kemarau tiba. 

Plt. Kepala Desa Mekarasih, Dudung Sujatna mengatakan, pihaknya membangun Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang dibangun tahun 2020. Ini merupakan salah satu upaya mengatasi krisis air bersih di wilayahnya.

"Alhamdulillah setelah ada Program Pamsimas kami bisa meminimalisir terjadinya krisis air bersih di desa kami. Untuk (kemarau) tahun ini saja tidak ada keluhan warga yang kekurangan air," ujar Dudung, Rabu (9/9/2021).

Dudung mengungkapkan, meski cakupan pemanfaat Pamsimas belum dirasakan oleh masyarakat secara keseluruhan. Tapi minimal sudah bisa mengatasi kesulitan air bersih pada musim kemarau.

"Jadi antara warga yang sudah menggunakan air dari Pamsimas bisa membantu ke warga yang belum. Intinya bisa saling bantu dan ketersediaan air terus ada," katanya.

Dudung mengakui, puluhan tahun ke belakang, masyarakat Mekarasih selalu dihadapkan dengan krisis air bersih ketika kemarau. Pada musim kemarau, warga mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk membeli air guna kebutuhan sehari-hari. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)