Penulis: Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

ISLAMIC CENTER - Jelang keberangkatan ibadah haji tahun 2024, jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Sumedang  mengikuti kegiatan manasik haji. Kegiatan pembukaan manasik dipusatkan di Gedung Islamic Center Kamis, 18 April 2024 dan dibuka secara resmi Asda Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat Pemkab Sumedang Asep Uus.

Kasie Penyelanggara Haji dan Umroh Kemenag Sumedang H Rahmat Hidayat mengatakan kuota jemaah haji Sumedang tahun 2024 sebanyak 900 orang terdiri dari 826 jemaah reguler, 43 lansia dan 273 cadangan. "Dan untuk kegiatan manasik haji dilakukan dalam dua tahap, untuk tahap pertama hari ini, tahap II rencana 30 April 2024, " jelas Rahmat.

Sementara itu dan dalam rentang waktu tersebut dilakukan pula manasik di tingkat Kecamatan. Ditambahkan H Rahmat pelaksanaan pelatihan dan pembinaan manasik haji ini dilakukan dalam upaya mempersiapkan jemaah sebelum berangkat ke tanah suci. Khusus untuk kegiatan manasik haji tahun 2024 ada materi tambahan yaitu senam sehat jemaah haji dengan tujuan agar kondisi jemaah haji tetap bugar.

Kepala Kemenag Sumedang H Hamzah Rukmana mengatakan, kalau ibadah haji adalah ibadah yang hampir 70% adalah gerak menggunakan fisik.  Kepala Kemenag Sumedang berpesan kepada para jemaah untuk dapat menjaga kebugaran tubuh jelang dan saat melaksanakan ibadah haji. "Selain menjaga kebugaran jemaah asal Sumedang untuk dapat menjaga sikap selama nanti menjalankan ibadah haji, karena selama ini jemaah haji indonesia dikenal baik termasuk jemaah asal Sumedang," katanya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)