Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

CIMALAKA - Mak Ukar (60) salah seorang warga Babakan Salam Dusun Sukabarang Desa Naluk Kecamatan Cimalaka mendapatkan bantuan bibit ayam ternak dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Bantuan diberikan oleh Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka, Jumat (21/6/2024).

Pj. Bupati Yudia Ramli mengatakan, bantuan ternak tersebut disalurkan dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangfaatna (SAMAWANA) yang digagas Pemerintah Kecamatan Cimalaka. Bantuan yang diberikan harus dirawat dan dibudidayakan oleh para penerima bantuan atau dikembangkan serta tidak diperkenankan diperjualbelikan secara keseluruhan. "Bantuan ternak ini diberikan 1 dusun 5 ekor kepada satu KK miskin. Bukan dikasih, tapi dititipkan. Dimana beranak, itu bisa dijual dan dibeli kembali oleh pihak kecamatan," ujarnya.

Pj. Bupati Yudia mengatakan, ia tidak melihat kecilnya upaya yang telah dilakukan, tetapi melihat besarnya perhatian pemerintah kecamatan dalam menjalankan fungsi sebagai pelayanan publik, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Walau hanya berupa bantuan beberapa ekor ayam tapi warga merasa diperhatikan. Mudah- mudahan ini bisa dicontoh camat-camat lainnya untuk bersama-sama menghapuskan kemiskinan ekstrem di Sumedang," ujarnya.

Camat Cimalaka Ayuh Hidayat mengatakan, program SAMAWANA merupakan program Pemerintah Kecamatan Cimalaka yang bertujuan dalam rangka ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat. Selain penanaman seribu pohon pisang di tiap desa, salah satu program unggulan adalah pemberian bantuan ternak bagi warga supaya masyarakat lebih produktif. "Warga yang menerima program ini tidak hanya menerima saja. Bantuan ini bukan memberi, tapi menitip. Nanti anaknya dibeli. Ini baru satu dusun Sekarang masih banyak dusun-dusun lainnya di tiap desa yang harus dibeli hasil ternaknya," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)