ALUN ALUN - Hewan reptil seperti ular, biawak, dan kadal, biasanya menjadi hewan yang menakutkan bagi sebagian masyarakat. Namun, kini masyarakat dapat mengetahui dan mengenal lebih jauh hewan berdarah dingin ini. Warga Sumedang tinggal datang saja ke Alun-alun Sumedang saat waktu ngabuburit.

Sejumlah remaja dari komunitas pencinta reptil Sumedang akan dengan senang hati memberikan edukasi kepada masyarakat, yang ingin mengetahui banyak tentang reptil. Bahkan masyarakat dapat memegang dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan bersisik ini. "Setiap sore kami kumpul di sini sambil bawa hewan reptil peliharaannya masing-masing, ngabuburit sambil silaturahmi," ujar salah seorang pencinta reptil Sumedang, Andri Reginaldi (23), di Alun-alun Sumedang, Jumat (23/4/2021).

Dikatakan, hewan reptil yang ada diantaranya ular, biawak, iguana, dan lainnya. Sebelum dibawa ke alun-alun, hewan-hewan tersebut diberi makan dulu, supaya tidak menyerang manusia. "Kebanyakan yang kami bawa hewan yang jinak, buat mengedukasi kepada masyarakat, lebih mengenal bagaimana manfaat dan bahayanya reptil ini," ujarnya.

Dikatakan Andri, 'ngabuburit bareng reptil' ini dilakukan setiap bulan Ramadan. "Tahun ini menjadi ngabuburit jilid 2, kecuali tahun lalu karena korona-nya parah," katanya.

Ia berharap dengan adanya edukasi tidak membuat masyarakat takut terhadap reptil. "Antusias warga tiap tahun sangat bagus, dari yang awalnya takut, tapi setelah bersentuhan langsung mereka jadi berani dan suka," kata Andri.

Salah seorang pengunjung, Sandi Septian (37) mengapresiasi adanya komunitas pencinta reptil ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif untuk menyalurkan hobi sebagai pencinta hewan. "Baru pertama kali pegang dengan tangan, terus dielus-elus. Pertamanya sih agak takut, tapi kemudian nggak apa-apa, senang," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)