GD NEGARA - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyarankan Kabag Kesra Setda Sumedang untuk belajar dari Kabupaten Kuningan yang sudah menggratiskan tes swab gratis bagi calon pengantin (catin), saksi dan wali.
"Nanti oleh Kabag Kesra pelajari aturan main di Kabupaten Kuningan serta apa yang bisa menyebabkan gratis. Karena di pemerintahan itu harus ada dasarnya supaya tepat sasaran," jelas Bupati saat menggelar pertemuan dengan Assosiasi Penghulu Kabupaten Sumedang belum lama ini di Gedung Negara.
Sebelumnya dalam acara tersebut Ketua Assosiasi Penghulu Kabupaten Sumedang Acep Anwar mengatakan terkait persyaratan test swab antigen bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.
Dijelaskan Acep sedikitnya ada lima orang yang harus di test swab antigen ketika akan melangsungkan pernikahan, selain kedua calon pengantin yang harus di swab antigen ada juga 1 orang wali dan dua orang saksi.
"Yang jadi permasalahan dilapangan terkait swab antigen ini adalah menyangkut biaya yang dirasakan masyarakat besar," terang Acep.
Oleh karena itu, Acep memohon agar adanya ketentuan yang tidak memberatkan kedua calon pengantin namun protokol kesehatan tetap diterapkan.
"Sebagai pelaksana yang mengawasi pelaksanaan swab bagi calon pengantin, mudah-mudahan ada solusi untuk permasalahan ini," tambahnya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)