DARMARAJA - BUMDes Raharja Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja jajaki beberapa potensi usaha yang bisa dikembangkan di wilayah Sukaratu.  Sejumlah potensi tersebut diantaranya, pengolahan sampah berbasis teknologi, pemanfaatan landscafe perairan Bendungan Jatigede, produk panganan olahan berbahan baku tanaman lokal dan lainnya.

Ada korelasi antara ketiga potensi usaha ini, secara geografis wilayah  Sukaratu sepertiganya berbatasan langsung dengan perairan bendungan. Potensi ini bisa dijadikan usaha di sektor wisata.  Tentunya tempat wisata harus didukung dengan kondisi yang bersih. Pengolahan sampah bisa jadi solusi yang menghasilkan.  "Sedangkan wisata juga identik dengan oleh-oleh atau makanan yang disiapkan di areal wisata. Maka harus dikembangkan pula produksi panganan olahan berbasis kearifan lokal," ujar Teti Yulianti, Bidang Riset dan Pengembangan Bisnis, BUMDes Raharja.

BUMDes Raharja sangat potensial untuk mengembangkan produksi panganan olahan berbahan baku lokal seperti singkong. Sebelumnya, unit usaha Bumdes sedang mengembangkan produksi mocaf (tepung bahan baku singkong).  "Kalau produksi panganan olahan bahan bakunya siap karena kami yang memproduksi. Tinggal bagaimana membuat inovasi varian produk pangannannya. Kami sudah mencoba membuat panganan olahan seperti berbagai jenis kue, makanan ringan dan lainnya dengan bahan baku mocaf ini," tuturnya.

Di sektor pengolahan sampah, tambah Teti, memungkinkan akan mendapatkan hasil atau pendapatan untuk BUMDes. Adanya penyediaan mesin pengolah sampah akan mendukung peningkatan usahanya. Untuk menguatkan dalam upaya peningkatan BUMDes memang perlu dukungan kuat penyertaan modal dari pemerintah desa dan tentunya dukungan masyaraakat termasuk pengurus BUMDes itu sendiri. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)