GEDUNG NEGARA – Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasiona(Asprumnas) membuat program Bumi Simpati. Bumi Simpati adalah kerja kolaborasi antara pengembang, Pemkab Sumedang dan pihak lainnya yang menjadi stakeholder perumahan seperti perbankan dan notaris. Program ini dikerjasamakan antara Asprumnas dan pemkab Sumedang yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman, di Gedung Negara, Selasa (10/8/2021). Isi kerjasama  adalah  Asprumnas akan  menyediakan perumahan bagi masyarakat di Kabupaten Sumedang dengan nama Program Bumi Simpati.

Menurut Ketua Asprumnas,  Riki Fazri Sujana, permasalahan biaya menjadi kendala utama dalam kepemilikan rumah, Itulah sebabnya ASprumnas menawarkan program ini dengan cara menyediakan perumahan berbiaya ringan, kemudahan pembiayaan, dan pengurusan kepemilikan yang tejangkau, Semua kemudahan ini difasilitas atau dibantu pemkab sebagai upaya membantu warganya mempunyai rumah.

"Harapannya bisa terjangkau oleh masyarakat serta agar dampak dari program ini serapannya menjadi besar sehingga perekonomian menjadi tumbuh kembali di era Pandemi Covid-19 ini," kata Riki.

Sementara itu Bupati Sumedang H Dony Ahmad mengatakan program Bumi Simpati merupakan bantuan untuk masyarakat Sumedang yang belum mempunyai tempat tinggal. Melalui program tersebut, Asprumnas memberikan kemudahan dengan cara memberikan bantuan pengurangan biaya kepemilikan rumah.

Dengan dibantu oleh Asprumnas, lanjut Bupati, Pemerintah Daerah berusaha mengakselerasi percepatan pembangunan perumahan, namun tetap terjangkau oleh masyarakat.

"Nanti yang mengajukannya diutamakan masyarakat berpenghasilan rendah. Ada beberapa skema yang disiapkan oleh Asprumnas yang berbeda dengan kepemilikan perumahan lainnya. Ada pengurangan harga dan ada stimulus yang diberikan," katanya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)