GEDUNG NEGARA - Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menjadi narasumber pada acara Rakor Nasional Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting via virtual, Selasa (24/8). Rakor digelar selama dua hari, Senin-Selasa (23-24 Agustus 2021). Para pembicaranya adalah Pak Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, para menteri, deputi, direktur di kementerian.

Bupati Dony menyampaikan materi,  Upaya Penurunan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Sumedang. “Saya berbagi pengalaman sebagai bupati yang melakukan percepatan penurunan stunting,” kata Bupati Dony Ahmad Munir, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, ia mendapat giliran hari kedua, untuk berbagi pengalaman melakukan percepatan penurunan stunting. “Saat menjadi Bupati Sumedang tahun 2018, prevalensi stunting di Sumedang mencapai 32,2%. Sumedang menjadi kabupaten prioritas nasional untuk menurunkan stunting. Target saya tahun 2023 saat akhir masa jabatan stunting harus 9%. Alhamdulillah berkat kerja keras dan kolaborasi dengan berbagai pihak, tahun ini stunting di Sumedang 17,5%,” katanya.

Kabupaten Sumedang sendiri telah berhasil menurunkan angka stunting salah satunya dengan aplikasi E-Simpati (Sistem Pencegahan Stunting Terintegrasi) aplikasi yang digunakan para kader posyandu untuk melakukan pendataan, pencatatan riwayat pemeriksaan ibu hamil dan anak, serta memberikan wawasan terkait status gizi anak untuk melakukan pencegahan stunting. [drs]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)