UJUNGJAYA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melepas ekspor perdana mangga Gedong Gincu Sumedang dan Harumanis ke Rusia, di Dusun Bojongterong Desa Palabuan Kecamatan Ujungjaya, Minggu (24/11/2019).

Dikatakan, ekspor ini merupakan kerjasama antara kelompok petani mangga di Sumedang dengan salah seorang eksportir. "Kesempatan bagus bagi Sumedang untuk membanjiri pasar dengan mangga gedong gincu," ujarnya.

Dikatakan, 70 persen mangga gedong gincu yang beredar di pasaran berasal dari wilayah Sumedang, seperti Ujungjaya, Tomo, dan Jatigede. Dengan ekspor ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani mangga. "Dengan adanya ekspor ini membuka peluang bagi Sumedang untuk terus meningkatkan produksi mangga Gedong Gincu," katanya.

Untuk meningkatkan kualitas dan produksi mangga, Pemkab Sumedang melalui Dinas Pertanian akan memperhatikan dan memotivasi para petani mangga. Dengan ekspor ini juga Ia berharap bisa menegaskan bahwa mangga gedong gincu berasal dari Sumedang. "Ekspor ini harus kontinyu, maka harus ada peningkatan kapasitas dan produksi. Dan jangan lupa perhatikan packagingnya juga harus bagus. Kemudian narasinya harus menjelaskan bahwa produk ini dari Sumedang," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)