PENDOPO - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menghadiri kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jajaran pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FKBPD) Kabupaten Sumedang masa bakti 2021 - 2027. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo KPP Sumedang Rabu (8/4/2021) juga turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Kepala DPMD, Anggota DPD asal Sumedang Eni Sumarni dan undangan lainnya.

Ketua FKBPD Kabupaten Sumedang Asep Suryana mengatakan terbentuknya FKBPD merupakan sejarah baru bagi BPD di Kabupaten Sumedang. Pembentukan FKBPD di Sumedang merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) dan juga Peraturan Bupati (Perbup). FKBPD dibentuk dengan mengakomodir perwakilan BPD dari 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang.

"Dengan terbentuknya FKBPD ini akan terjalin komunikasi dimana FKBPD ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi BPD di Kabupaten Sumedang," kata Asep.

Asep menambahkan, FKBPD Sumedang juga siap bermitra dengan pemerintah terutama dalam menyukseskan program Pemkab Sumedang yaitu Sumedang Simpati.

Sementara itu Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam sambutannya menyambut baik dengan telah terbentuknya FKBPD Sumedang. Usai dilantik dan diambil sumpah, diharapkan jajaran pengurus FKBPD ini bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana diatur dalam perundangan undangan.

Dijelaskan Bupati sebagai lembaga yang dilindungi dengan Undang Undang BPD juga harus memastikan jalannya pemerintahan desa sesuai perundangan undangan yang berlaku.

"Anggota BPD harus tahu kalau pembangunan di desa sesuai dengan RJPMDes, RKPDes dan juga APBDes, sehingga dalam hal ini anggota BPD harus memiliki kompetensi," tambahnya. (edk).

(penerbit: sumedangkab.go.id)